RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA /SMK
.....
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Materi pokok : Hopes and Dreams
Sub Materi pokok : How to
Congratulate
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.4 Menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme dalam
komunikasi fungsional.
3.3 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap
(extended), serta responnya, sesuai dengan konteks.
Indikator
:
a.
Siswa dapat memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to congratulate
b.
Siswa dapat
mengindentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to
congratulate.
c.
Siswa menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan
ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to congratulate
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ungkapan harapan dan doa bersayap (extended) dan
ungkapan how to congratulate, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4 Mengembangkan media kertas karton
dan menggambar untuk mengungkapkan ungkapan harapan dan cita-cita.
Indikator
:
·
Siswa terampil
menggunakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
ungkapan harapan atau cita-cita.
·
Siswa dapat
mengaplikasikan penggunaan IT sebagai media penunjang presentasi.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa
terampil menggunakan ungkapan harapan dan cita-cita serta ungkapan how to
congratulate dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
“Teks
lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang hopes and dreams
1.
Fungsi Sosial :
Menyatakan harapan dan
impian
2.
Structure teks
- I want
to become a doctor.
-
I am hoping to finish all my work on time.
-
I hope I will realize all my dreams.
-
I hope that I will always be honest.
-
I hope that I will never lie.
-
I hope that I will never smoke.
-
I want to get my homework done.
3.
Unsur kebahasaan
-
Kata kerja (verb) di
dalam ungkapan :
·
I
am hoping for some good weather tomorrow. (S+V-ing+Complement)
·
I
hope to study in America next year. (S+V+to/That+ Complement)
·
I
hope Rahmat found the place. (S+V+complement/object)
-
Tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca dan tulisan tangan/cetak yang rapi
dari kosa kata yang ada dalam teks, seperti;
Desert
bloom, scientific skill, colonialism, racialism, economic control, intelectual
control, etc.
Materi How to
Congratulate
Congratulating
|
Responding
|
Very well done. Congratulation
|
Thank you
|
good
job ! no one deserves it more than you do
|
Thank
you . your saying this means a lot to me
|
fantastic ! congratulation on
gettion the first prize
|
Thanks
! I still can not believe it
|
marvelous ! I am so proud of you
|
Happened
. I have been dreaming about it for a long time
|
Great ! you did it . your hard
work paid at last
|
Thanks ! I am
happy to meet you proud
|
It was nothing
special . thank you
|
E.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific approach
2. Model : Project
Based Learning
3. Teknik
: Group Disscusion and Presentation
F.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Teks dan poster
2. Alat : Laptop,
papan tulis, dan in focus.
3. Sumber
pembelajaran : kurikulum 2013,
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1. Kegiatan
Pendahuluan (5 menit)
a. Mengucapkan
salam dan berdo’a bersama
b. Memberi
motivasi belajar
c. Memberi
brainstrorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan
disampaikan seperti:
Can
you write down your dream and aspiration in life ?
d. Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai (based on my questions previously, now,
please guess! What topic are we going to discus today ?)
e. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus (yaitu materi
tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang ungkapan harapan dan
cita-cita, bagaimana fungsi sosial , struktur teks , unsur kebahasaan dan tata
bahasa, intonasi , tekanan kata dsb).
2. Kegiatan
Inti (35 menit)
Mengamati
a.
Siswa
mendengarkan dan membaca teks pidato bung karno (President Sukarno of
Indonesia; speech at the opening of the Bandung conference, April 18, 1955) dan
menanyakan tentang isi yang terkandung dalam teks tersebut.
b.
Siswa
mengikuti interaksi tentang ungkapan harapan dan cita-cita dengan bimbingan
guru berdasarkan pada terks tersebut (What do you think about this dialogue?
Which one the congratulate in this dialogue? And which one the respond of the
congrutulation?
c.
Siswa
menirukan contoh-contoh ungkapan harapan dan cita-cita (e.g I hope that I will
realize all my dreams, I hope that the war will stop, ....etc)
d.
Siswa
mengindentifikasi ciri ungkapan harapan dan cita-cita dengan bimbingan dan
arahan guru (e.g S + V-ing + complement
and S+ V+ to /that+complement)
e.
Siswa
mengindentifikasi ciri ungkapan how to congratulate.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antara berbagai ungkapan harapan dan cita-cita dan menanyakan
ungkapan tentang harapan dan cita-cita
dalam bahasa ingggris, perbedaan ungkapan yang ada dalam bahasa Indonesia,
serta kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
diberikan teks dialogue dan menelaah mengenai isi teks tersebut yang berkaitan
dengan ungkapan harapan dan cita-cita secara bersama-sama di bangku
masing-masing.
b.
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut
dengan mengungkapkan ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to
congratulate dengan bahasa mereka sendiri.
c.
Siswa
membuat kalimat ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to congratulate
dengan menggunakan pola kalimat yang sudah diberikan contoh dari tuntunan guru.
d.
Siswa
membuat teks lisan dan tulis dengan mengungkapkan ungkapan harapan dan
cita-cita dan ungkapan how to congratulate dengan tema (misal tentang Behasiswa)
secara berkelompok dengan mencari sumber-sumber aktual sendiri.
e.
Siswa
membuat poster dengan menggunakan Kertas karton yang mengungkapkan ungkapan
harapan dan cita-cita dengan tema (misal tentang Behasiswa) secara berkelompok
dengan mencari sumber-sumber aktual sendiri.
Mengasosiasi
a.
Siswa membandingkan
antara ungkapan harapan dan cita-cita dalam bahasa Inggris yang telah
dipelajari (dalam video, newspapers, news, internet dan sumber lain yang mereka
temukan dirumah berdasarkan tema yang mereka pilih sendiri).
b.
Siswa
membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang ungkapan harapan dan
cita-cita dan ungkapan how to congratulate dalam bahasa Inggris dan dalam
bahasa Indonesia berdasarkan tema yang mereka pilih sendiri.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa
mengkomunikasikan ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to
congratulate dengan bahasa mereka sendiri berdasarkan tema yang mereka pilih
sendiri (misal tema tentang Behasiswa)
b.
Siswa
mempresentasikan tentang ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to
congratulate didepan kelas
3. Penutup (5
menit)
Siswa diberikan tugas untuk mencari sumber lain seperti teks tulis
maupun poster gambar animasi dari berbagai sumber baik internet,dsb yang berisi
ungkapan tentang ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to
congratulate.
H. PENILAIAN
1. Jenis/
teknik penilaian
Tes tulis dan tes kinerja (presentasi)
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang
dimulai sejak aktivitas mengamati , menanya , mengeksplorasi, mengasosiasi
hingga mengkomunikasikan.
Sikap
:
-
Penilaian diri
dengan menggunakan media kertas karton secara kreatif dengan teman sejawat
(capaian dinilai oleh guru , siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan
daftar cek atau skala penilaian (rating scale ) yang disetai rubrik.
-
Essay , di
dalam berupa catatan pendidik .
Guru menilai dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap,
pengetahuan dan keterampilannya .
Pengetahuan
: pengetahuan siswa tentang struktur
teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan
menggunakan tes tulis / lisan dan penugasan (proyek) .
Keterampilan
:
Unjuk kerja atau praktek dan persentasi
2. Bentuk
instrumen dan instrumen
Diskusi (discussion) siswa bekerja sama dalam satu kelompok
membuat teks lisan / tulis dengan menggunakan ungkapan harapan dan cita-cita
yang dimodifikasi dengan bahasa sendiri).
3. Pedoman
Penskoran Rubrik
a. Aspek Sikap
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1
|
Jujur
|
5 :
selalu jujur
4:
sering jujur
3 :
kadang-kadang jujur
2 :
Jarang jujur
1 :
tidak pernah jujur
|
|
2
|
Bertanggung Jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3:kadang-kadang tanggung jawab
2: Jarang tanggung jawab
1 : tidak pernah tanggung jawab
|
|
3
|
Kerjasama
|
5:
selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2:Jarang kerjasama
1:tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5:
selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2:Jarang disiplin
1:tidak
pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya
Diri
|
5:
selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2:Jarang percaya diri
1:tidak
pernah percaya diri
|
b.
Aspek pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan Skor
|
1
|
Pengucapan
|
5 :
Hampir sempurna
4 :
ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3:ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 :
banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 :
terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2
|
Intonasi
|
5 :
Hampir sempurna
4 :
ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3:ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 :
banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 :
terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3
|
Ketelitian
|
5 :
sangat teliti
4 :
teliti
3 :
cukup teliti
2 :
kurang teliti
1 :
tidak teliti
|
|
4
|
Pemahaman
|
5 :
sangat memahami
4 :
memahami
3 :
cukup memahami
2 :
kurang memahami
1 :
tidak memahami
|
c.
Aspek
Keterampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan Skor
|
1
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5 = Selalu
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
= Beberapa kali melakukan
kegiatan komunikasi yang tepat
2
= Pernah melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
1 = tidak
pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
..................................,............................2015
Mengetahui
Kepala SMA/SMK
Guru Mata Pelajaran
NIP. ...
NIP. ...
Materi untuk KD
3.3 dan KD 4.3
HOPES AND DREAMS
First Meeting (2 JP)
Task 1
1. Read carefully the text dialogue
2. Pay attention the expression of hope in the dialogue
3. Follow the expressions used in the dialogue.
Task 2
1. What is your dream in the future?
2. Can you down your dreams and aspirations in life? You have 5 minutes to
do son.
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar