Senin, 06 April 2015

RPP Hopes and Dreams


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                  : SMA /SMK .....
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas / Semester   : XI / 1
Materi pokok        : Hopes and Dreams
Sub Materi pokok : How to Congratulate
Alokasi Waktu     : 1 X 45 Menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI) 
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan  komunikasi interpersonal dengan  guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan  komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam  melaksanakan komunikasi fungsional.
2.4 Menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme dalam komunikasi fungsional.
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks.
Indikator :
a.      Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to congratulate
b.      Siswa dapat mengindentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to congratulate.
c.       Siswa menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to congratulate

4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan dan doa bersayap (extended) dan ungkapan how to congratulate, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4 Mengembangkan media kertas karton dan menggambar untuk mengungkapkan ungkapan harapan dan cita-cita.
Indikator :
·         Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang ungkapan harapan atau cita-cita.
·         Siswa dapat mengaplikasikan penggunaan IT sebagai media penunjang presentasi.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan ungkapan harapan dan cita-cita serta ungkapan how to congratulate dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
“Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang hopes and dreams
1.      Fungsi Sosial :
Menyatakan harapan dan impian
2.      Structure teks
             - I want to become a doctor.
            - I am hoping to finish all my work on time.
            - I hope I will realize all my dreams.
            - I hope that I will always be honest.
            - I hope that I will never lie.
            - I hope that I will never smoke.
            - I want to get my homework done.
3.      Unsur kebahasaan
-          Kata kerja (verb) di dalam ungkapan :
·         I am hoping for some good weather tomorrow. (S+V-ing+Complement)
·         I hope to study in America next year. (S+V+to/That+ Complement)
·         I hope Rahmat found the place. (S+V+complement/object)
-          Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca dan tulisan tangan/cetak yang rapi dari kosa kata yang ada dalam teks, seperti;
Desert bloom, scientific skill, colonialism, racialism, economic control, intelectual control, etc.
Materi How to Congratulate
Congratulating

Responding
Very well done. Congratulation

Thank you
good job ! no one deserves it more than you do
Thank you . your saying this means a lot to me
fantastic ! congratulation on gettion the first prize

Thanks ! I still can not believe it
marvelous ! I am so proud of you

Happened . I have been dreaming about it for a long time
Great ! you did it . your hard work paid at last
Thanks ! I am happy to meet you proud

It was nothing special . thank you


E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan : Scientific approach
2.      Model        : Project Based Learning
3.      Teknik       : Group Disscusion and Presentation

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                                : Teks dan poster
2.      Alat                                   : Laptop, papan tulis, dan in focus.
3.      Sumber pembelajaran        : kurikulum 2013,

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.       Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
b.      Memberi motivasi belajar
c.       Memberi brainstrorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan seperti:
Can you write down your dream and aspiration in life ?
d.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai (based on my questions previously, now, please guess! What topic are we going to discus today ?)
e.       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus (yaitu materi tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang ungkapan harapan dan cita-cita, bagaimana fungsi sosial , struktur teks , unsur kebahasaan dan tata bahasa, intonasi , tekanan kata dsb).
2.      Kegiatan Inti (35 menit)
Mengamati
a.       Siswa mendengarkan dan membaca teks pidato bung karno (President Sukarno of Indonesia; speech at the opening of the Bandung conference, April 18, 1955) dan menanyakan tentang isi yang terkandung dalam teks tersebut.
b.      Siswa mengikuti interaksi tentang ungkapan harapan dan cita-cita dengan bimbingan guru berdasarkan pada terks tersebut (What do you think about this dialogue? Which one the congratulate in this dialogue? And which one the respond of the congrutulation?
c.       Siswa menirukan contoh-contoh ungkapan harapan dan cita-cita (e.g I hope that I will realize all my dreams, I hope that the war will stop, ....etc)
d.      Siswa mengindentifikasi ciri ungkapan harapan dan cita-cita dengan bimbingan dan arahan guru (e.g  S + V-ing + complement and S+ V+ to /that+complement)
e.       Siswa mengindentifikasi ciri ungkapan how to congratulate.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan harapan dan cita-cita dan menanyakan ungkapan tentang  harapan dan cita-cita dalam bahasa ingggris, perbedaan ungkapan yang ada dalam bahasa Indonesia, serta kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.      Siswa diberikan teks dialogue dan menelaah mengenai isi teks tersebut yang berkaitan dengan ungkapan harapan dan cita-cita secara bersama-sama di bangku masing-masing.
b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut dengan mengungkapkan ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to congratulate dengan bahasa mereka sendiri.
c.       Siswa membuat kalimat ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to congratulate dengan menggunakan pola kalimat yang sudah diberikan contoh dari tuntunan guru.
d.      Siswa membuat teks lisan dan tulis dengan mengungkapkan ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to congratulate dengan tema (misal tentang Behasiswa) secara berkelompok dengan mencari sumber-sumber aktual sendiri.
e.      Siswa membuat poster dengan menggunakan Kertas karton yang mengungkapkan ungkapan harapan dan cita-cita dengan tema (misal tentang Behasiswa) secara berkelompok dengan mencari sumber-sumber aktual sendiri.
Mengasosiasi
a.         Siswa membandingkan antara ungkapan harapan dan cita-cita dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari (dalam video, newspapers, news, internet dan sumber lain yang mereka temukan dirumah berdasarkan tema yang mereka pilih sendiri).
b.         Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to congratulate dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia berdasarkan tema yang mereka pilih sendiri.
Mengkomunikasikan
a.         Siswa mengkomunikasikan ungkapan harapan atau cita-cita dan ungkapan how to congratulate dengan bahasa mereka sendiri berdasarkan tema yang mereka pilih sendiri (misal tema tentang Behasiswa)
b.         Siswa mempresentasikan tentang ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to congratulate didepan kelas

3.      Penutup (5 menit)
Siswa diberikan tugas untuk mencari sumber lain seperti teks tulis maupun poster gambar animasi dari berbagai sumber baik internet,dsb yang berisi ungkapan tentang ungkapan harapan dan cita-cita dan ungkapan how to congratulate.

H.    PENILAIAN
1.      Jenis/ teknik penilaian
Tes tulis dan tes kinerja (presentasi)
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati , menanya , mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.


Sikap :
-          Penilaian diri dengan menggunakan media kertas karton secara kreatif dengan teman sejawat (capaian dinilai oleh guru , siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale ) yang disetai rubrik.
-          Essay , di dalam berupa catatan pendidik .
Guru menilai dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap, pengetahuan dan keterampilannya .
Pengetahuan : pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi  dengan menggunakan tes tulis / lisan dan penugasan (proyek) .
Keterampilan :
Unjuk kerja atau praktek dan persentasi
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
Diskusi (discussion) siswa bekerja sama dalam satu kelompok membuat teks lisan / tulis dengan menggunakan ungkapan harapan dan cita-cita yang dimodifikasi dengan bahasa sendiri).

3.      Pedoman Penskoran Rubrik
a.      Aspek Sikap

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1
Jujur

5 : selalu jujur
4: sering jujur
3 : kadang-kadang jujur
2 : Jarang jujur
1 : tidak pernah jujur


   2
Bertanggung Jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3:kadang-kadang tanggung jawab
2: Jarang tanggung jawab
1 : tidak pernah tanggung jawab

   3
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2:Jarang kerjasama
1:tidak pernah kerjasama

   4
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2:Jarang disiplin
1:tidak pernah disiplin

   5
Percaya Diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2:Jarang percaya diri
1:tidak pernah percaya diri




b.   Aspek pengetahuan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan Skor
1
Pengucapan
5 : Hampir sempurna
4 : ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3:ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 : banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 : terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

  2
Intonasi
5 : Hampir sempurna
4 : ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3:ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 : banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 : terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3
Ketelitian
5 : sangat teliti
4 : teliti
3 : cukup teliti
2 : kurang teliti
1 : tidak teliti

4
Pemahaman
5 : sangat memahami
4 : memahami
3 : cukup memahami
2 : kurang memahami
1 : tidak memahami


















c.       Aspek Keterampilan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan Skor
1
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3         = Beberapa kali melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2         = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1   = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat



..................................,............................2015




Mengetahui
Kepala SMA/SMK                                                                               Guru Mata Pelajaran











 
NIP. ...                                                                                                NIP. ...



Materi untuk KD 3.3 dan KD 4.3
HOPES AND DREAMS
First Meeting (2 JP)
Task 1
1.    Read carefully the text dialogue
2.    Pay attention the expression of hope in the dialogue
3.    Follow the expressions used in the dialogue.
Task 2
1.       What is your dream in the future?
2.       Can you down your dreams and aspirations in life? You have 5 minutes to do son.


Dialogue 1
 Rita     : Where have you been? I have not seen you for two days.
Dewa   : Well, I have been sick since Sunday
Rita     : What is wrong?
Dewa   : I have had a terrible cold all week.
Rita     : Oh, I am sorry to hear that. I hope you feel better soon.
Dewa   : Thanks, Rita.


Dialogue 2
Rena    : Hi Nata, I hear that you are going to Jakarta tomorrow, what happens?
Nata    : Yups, my father gets a job there, we have to move to Jakarta.
Rena    : Then, you’ll continue your study in there?
Nata    : yes, next Monday I’ll have a test to join one of the favorite schools in South Jakarta.
Rena    : Hiks, it means that we won’t study together again.
Nata    : Don’t worry Rena (puk-puk), I will visit you when holiday. Let’s hope for our best, that either you or I can enter our favorite school.
Rena    : Aamiin, may we have a success and meet again someday. 



 
 




KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
                                                MATA PELAJARAN           : Bahasa Inggris
                                             KELAS/ SEMESTER               : XI / 1
       TOPIK                                    : HOPES AND DREAMS
                    SUB TOPIK                      : How to congratulate
             TUGAS                                                                      : Merancang poster tentang Hopes and Dreams

KOMPETENSI DASAR :
3.14 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan do’a bersayap (extended), serta responnya , sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator : Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, stuktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks deskriptif sederhana (tentang tema yang dipilih)
4.19 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapakan dan merespon ungkapan harapan dan doa bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator : Siswa dapat mengkomunikasikan ungkapan harapan dan cita-cita serta dapat berbicara mengenai ungkapan how to congratulate.
PETUNJUK UMUM
1.       Teacher has a brain storming discussion with the group about the idea.
2.       Ask learners to talk out a plan of action for the project.
3.       Learners’s plan and allocate work to each member of the group.
4.       Collect required information. They work together to design the poster based on the collected data.
5.       The collected information from various multimedia and animation downloaded will now be scrutinized and shaped into a poster to present it to a class attractively.
6.       The poster is made by the group using colorful prints and presented to the class.
 

 



Format Penilaian Proyek
Mata Pelajaran                 :
Nama Proyek                     :
Alokasi Waktu                   :
Guru pembimbing           :
Nama                                    :
Kelas                                     :

No.
ASPEK
SKOR (1-5)
1
PERENCANAAN :
a.       Persiapan
b.      Rumusan Judul



2
PELAKSANAAN
a.       Sistematika Penulisan
b.      Keakuratan Sumber Data/informasi
c.       Kuantitas Sumber data
d.      Analisis Data
e.      Penarikan Kesimpulan






3
LAPORAN PROYEK :
a.       Unjuk Kerja (Performance)
b.      Presentasi/ Penguasaan






TOTAL SKOR





 

 



Format Penilaian Produk
Mata Pelajaran                 :
Nama Proyek                     :
Alokasi Waktu                   :
Kelompok                          :
Kelas                                     :
No.
Tahapan
Skor (1-5)*
1
Tahapan Perencanaan Bahan

2
Tahap Proses Pembuatan :
a.       Persiapan alat dan bahan
b.      Teknik pengolahan
c.       Kesesuaian dengan tema




3
Tahap akhir (Hasil Produk)
a.       Bentuk fisik
b.      Inovasi




TOTAL SKOR

Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar